♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪----->>> Welcome to My Blog <<<-----♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

Kamis, 07 April 2016

Rekreasi dan Belajar di Kuntum Nurseries Bogor

Tahun kemarin aku bersama dengan rekan guru dan siswa kelas 1 SD Citra Berkat Citra Raya mengadakan outing ke Kuntum Nurseries Bogor. Sebelumnya aku dan teman-teman guru melakukan survei ke tempat tersebut yang beralamat di Jl. Raya Tajur 291 Bogor. Waktu itu kami berangkat untuk survei tidak menggunakan mobil, akan tetapi mencoba menggunakan transportasi umum. Kebetulan rumah dan sekolah kami berada di daerah Citra Raya Tangerang. Kami berangkat dari shuttle bus Citra Raya menuju stasiun Tangerang kemudian naik KRL dan berhenti di stasiun Bogor. 

Setelah sampai di stasiun Bogor kemudian kami naik angkot warna hijau dua kali tapi aku lupa nomor berapa saja. Namun lokasi Kuntum Nurseries sangat strategis dan mudah ditemukan karena berada dekat dengan jalan raya yang dilewati angkot. Setibanya di sana kami disambut dengan ramah, kemudian diberi penjelasan serta selanjutnya kami diperbolehkan untuk berkeliling lokasi Kuntum Nurseries Bogor. Akhirnya kami membuat kesepakatan untuk datang kembali bersama anak didik kami.

Tibalah hari yang dinantikan terutama oleh para siswa kelas 1 yaitu berkunjung ke Kuntum Nurseries. Pada waktu itu kami berangkat pagi hari menggunakan 2 bus pariwisata. Sepanjang jalan para siswa sangat senang dan ingin sekali segera sampai ke tempat tujuan. Setelah sampai disana, para siswa berbaris sesuai dengan kelompok yang sudah ditentukan dan masing-masing kelompok ada pemandunya. Mereka dibagikan caping (penutup kepala) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) masing-masing anak satu. 

Di Kuntum Nurseries para siswa tidak hanya sekedar rekreasi dan melepas penat, namun mereka juga bisa belajar sesuai dengan tema pelajaran pada saat itu. Tempatnya bersih dan sejuk sehingga nyaman untuk kegiatan belajar. Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan di Kuntum Nurseries Bogor antara lain sebagai berikut :

1. Memberi Makan Ayam

Hai ayam-ayam, makan dulu ya!
Para siswa diberi penjelasan macam-macam ayam yang ada di Kuntum Nurseries. Tidak hanya sekedar mendengarkan penjelasan namun juga sampail ditunjukkan jenis-jenis ayam yang ada, cara merawat dan makanannya. Selanjutnya para siswa diberi satu kantong kecil makanan ayam yang kemudian diberikan pada ayam. Beberapa ayam ada yang diletakkan pada kandang kecil, akan tetapi ada juga ayam ayam yang dibiarkan bebas dalam kandang yang besar. Mungkin bagi anak yang tidak terbiasa dengan ayam bisa takut karena banyak sekali ayamnya. Namun lama-lama mereka juga merasa biasa saja bahkan senang.


2. Memberi makan bebek

Bebek nih aku kasih makan!!
Setelah memberi makan ayam, selanjutnya para siswa memberi makan bebek. Bebek di Kuntum Nurseries berwarna putih. Para siswa masing-masing diberi satu kantong kecil makanan bebek. Mereka sangat senang dan antusias. Banyak anak yang aktif bertanya kepada pemandu tentang bebek. Pemandunya sangat sabar dalam membimbing bocah-bocah kecil yang punya banyak rasa ingin tahu itu. 

3. Memberi Makan Sapi

Sapi...ayo makan rumputnya!
Di Kuntum Nurseries juga terdapat beberapa sapi perah. Sapi diletakkan di kandang yang telah diberi sekat dan dibagian depan terdapat kotak tempat makanan sapi. Kandang tentu saja sudah diatur sedemikian rupa sehingga sapi dapat hidup dengan nyaman dan terjaga kebersihannya. Para siswa diberi kesempatan untuk memberi makan sapi. Mereka mengambil rumput yang sudah disediakan untuk diberikan kepada sapi. Para siswa merasa sangat senang melihat sapi mau makan dan menghabiskan rumput yang diberikannya. Tak bosan-bosannya mereka memberi makan sapi. Sambil membimbing para siswa memberi makan sapi, pemandu menjelaskan tentang cara merawat sapi. 

4. Memberi Makan Kelinci

Duhh...lucu sekali kelincinya!
Setelah memberi makan sapi, para siswa diberi kesempatan memberi makan kelinci. Para siswa diperbolehkan masuk di kandang kelinci yang cukup luas sehingga langsung bisa berinteraksi dengan kelinci. Nah, foto di atas merupakan fotoku dan salah satu siswaku saat sedang memberi makan kelinci. Kelinci boleh dipegang, sebelumnya kami diajari cara memegang kelinci yang benar dan tidak menyakiti kelinci. Disetiap sudut kandang juga dipasang cara-cara memegang kelinci yang benar. Sesudah memegang kelinci diwajibkan mencuci tangan dengan sabun.

5. Memberi Makan Hamster

Wow...hamsternya banyak!!
Memberi makan hamster yang imut-imut.
Para siswa sangat senang melihat banyak hamster yang lucu dan imut. Mereka tak sabar masuk ke kandang hamter yang cukup besar dan memberi makan hamster-hamster itu. Setiap siswa dibagikan satu bakul kecil makanan hamster. Tampak sabar sekali mereka memberi makan hamster.

6. Memberi Makan dan Susu pada Kambing

Kambing, makan yang banyak ya biar gendut!!
Ayo kambing, minum susu dulu biar sehat ya!!
Di Kuntum Nurseries terdapat peternakan kambing yang cukup banyak. Hampir mirip dengan sapi, kambing-kambing ditempatkan pada kandang yang disekat dan bagian depannya terdapat tempat untuk makanan kambing. Setiap siswa dibagikan satu bakul kecil rumput dan satu botol kecil susu untuk diberikan pada kambing. Susu ditempatkan pada dot susu bayi sehingga kambing lebih mudah meminumnya dan para siswa tidak ketumpahan saat membawa. Para siswa sangat antusias sekali memberi makan dan memberi minum susu pada kambing. Dengan waktu yang cukup singkat, kambing menghabiskan susu yang diberikan oleh para bocah kecil ini. 

7. Menanam Bibit Sayur Kailan

Mari menanam kailan!
Kami dan para siswa diberi kesempatan untuk menanam sayur. Pada saat itu yang disediakan adalah bibit sayur kailan. Sebelum mulai menanam para siswa dijelaskan dan diberi contoh cara menanam bibit sayur kailan. Sesudah itu, para siswa dibagikan masing-masing satu plastik polybag dan bibit sayur kailan. Mereka mulai mengambil tanah subur yang telah disediakan ke dalam plastik polybag, kemudian menanam bibit sayur kailan tersebut. Selanjutnya setelah tertanam di plastik polybag, bibit sayur kailan disiram dengan sedikit air.  Bibit sayur kailan yang telah ditanan tersebut boleh dibawa pulang dan dirawat di rumah. Supaya tidak tertukar, pada plastik polybag diberi nama.

8. Menangkap Ikan

Horeee...saatnya menangkap ikan!
Ini adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh para siswa, karena siswa boleh berbasah-basahan masuk ke kolam ikan untuk menangkap ikan. Mereka sangat senang sekali menangkap ikan. Ada yang berteriak kegirangan karena berhasil menangkap beberapa ikan. Mereka menangkap ikan sampai ikan yang ada di kolam habis. Masing-masing siswa diperbolehkan membawa ikan untuk dipelihara di rumah. Ikan yang dibawa pulang dimasukkan kantong plastik yang sudah diisi air dan diberi oksigen.

Setelah selesai menangkap ikan, para siswa kemudian mandi serta berganti pakaian dan dilanjutkan makan bersama. Saat waktu sudah menjelang sore, kami membereskan barang-barang dan kemudian bergegas pulang kembali ke sekolah. Seru sekali pengalamannya saat itu.
Menurutku Kuntum Nurseries sangat cocok untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas. Tempatnya bersih dan bisa menambah banyak pengetahuan apalagi untuk yang tinggal di kota-kota besar, karena sudah jarang dijumpai hewan-hewan seperti itu di dekat rumah. Berdasarkan pengalamanku, dalam pembelajaran di kelas, siswa semakin jelas karena sudah melihat dan mengalami langsung. Sebenarnya tidak hanya hewan saja yang ada di Kuntum Nurseries tapi juga ada berbagai macam tanaman dan sayuran yang di tanam. Ada juga terapi ikan jika ingin mencobanya.

Me with My Students




Tidak ada komentar:

Posting Komentar