♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪----->>> Welcome to My Blog <<<-----♪♫•*¨*•.¸¸❤¸¸.•*¨*•♫♪

Senin, 14 Desember 2009

Pentingnya Kreativitas Anak-anak dalam Belajar dan Sistem Pendidikan


Dunia anak-anak merupakan pewarnaan emosional yang paling nyata. Kompetensi-kompetensi dini yang dihasilkan anak-anak akan mendorong kreativitas mereka selanjutnya. 

Anak-anak merupakan objek paling murni untuk digali kemampuannya melalui kreativitas yang tercipta.Mereka bukanlah miniatur orang dewasa. Perlakuan khusus sebagai anak-anak sangat mereka butuhkan. Menurut saya kreativitas merupakan suatu aktivitas dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau kombinasi baru berdasarkan unsur-unsur yang telah ada sebelumnya menjadi sesuatu yang berarti dan bermanfaat. Kreativitas dapat terwujud di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja tanpa memandang usia maupun tingkat pendidikan tertentu. 

Menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal yang kreatif sangat bermanfaat dan memberikan kepuasan tersendiri. Hal tersebut tampak ketika anak-anak yang asyik bermain dengan permainan konstruktif seperti menyusun balok-balok, puzzle dan sebagainya. Mereka seakan-akan tidak bosan dan tidak mau diganggu. Seperti yang terlihat saat saya menjalani Program Pengalaman Lapangan ( PPL ) di SD Kanisius Eksperimental Mangunan, kreativitas anak-anak sangat dihargai. Mengubah barang bekas seperti kardus atau botol menjadi sesuatu yang berguna, alat peraga pembelajaran atau menjadi kerajinan tangan. Ada juga ular tangga pengetahuan, yang dapat dipakai untuk belajar sekaligus untuk bermain. Tak dipungkiri lagi bahwa kreativitas dapat meningkatkan kualitas hidup. 


Ide-ide kreatif yang tercipta dapat berguna bagi diri sendiri, orang lain bahkan negara. Dan terbukti dengan pesatnya kemajuan teknologi dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan. Semua itu merupakan salah satu sumbangan kreativitas. Jadi, kreativitas harus dipupuk sejak dini sehingga anak-anak kelak tidak hanya menjadi konsumen saja namun bisa melahirkan dan menciptakan sesuatu yang bermakna dan berguna. 

 Pengembangan kreativitas bagi anak-anak bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan namun membutuhkan waktu dan proses. Karena tak ada perubahan yang baik itu terjadi secara instan. Kreativitas membutuhkan keberanian untuk mencoba dan mengambil resiko. Dengan demikian, pengembangan kreativitas bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Sumber :

Munandar, Utami. S.C. 1985.
Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar